Tips

Tips
Tips & Trick

News

News
Artikel & News

Sport XR Evo

Sport XR Evo
Beat The Street

New Products

New Products
New Species

Sesuaikan Ukuran Ban DenganKarakter Besutan

Rabu, 10 Desember 2008

Ada alasan mengapa ban motor memiliki ukuran masing-masing. Selain disesuaikan dengan jenis dan karakter besutan, ukuran ban juga memiliki standar pabrikan yang terkait kenyamanan tunggangan.

“Selain itu disesuaikan dengan fungsi. Misalnya untuk ban tipis, cocok dipakai untuk trek lurus atau drag race,” ungkap Handoko dari toko Sinar Abadi di Jl. Cileduk Raya, No. 27 A-B, Larangan, Tangerang.

Nah banyak sobat bikers salah kaprah mengenai pemakaian ban yang tak sesuai fungsi. Umumnya mengatasnamakan gaya serta tongkrongan saja, perkara safety cenderung diabaikan. Misalnya untuk aplikasi ban bertapak tipis atau ukuran ¾, jika dipakai untuk harian akan menyebabkan slip dan sangat berisiko. “Ban ukuran ini enggak direkomendasi untuk harian,” lanjut lelaki berperawakan subur ini.

Begitu pula dengan ban bertapak lebar. Di luar kelebihan yang mampu mendongkrak tongkrongan, tapak ban lebar berimbas pada performa besutan. “Tarikan motor jadi berat akibat traksi roda yang lebar,” beber Chandra Kusuma Iwan, bos Chandra Motor di Jl. Kebon Jeruk III, No. 14-8, Hayam Wuruk, Jakbar.

Dengan begitu, ban bertapak lebar juga memeliki efek karambol terhadap part di seputar roda. Yakni gir set bakal lebih cepat termakan dan laher (bearing) roda lebih mudah goyang atau rusak. “Ban lebar bisa bikin boros BBM, akibat dari gasingan roda yang berat. Jika tak diimbangi dengan ubahan pendukung, ban lebar juga bakal men-donat alias enggak berotasi sempurna,” sambung pria ramah ini.


Sumber: http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=otonews/Content/0/0/1/7/2532 Share on Facebook

0 komentar:

Posting Komentar

 

07 Jul 2010 ·banroda2 by vendesign