Banyak pembalap atau mekanik yang tidak tahu peruntukan masing-masing type ban FDR bertype soft compound ini, ketidaktahuan ini rupanya ditanggapi pihak FDR dengan mencantumkan panduan aplikasi pemakaian ban balap pada katalog barunya.
Pada gambar diatas (Saya scan dari katalog FDR 2011) bisa dijelaskan sebagai-berikut:
- Sport XT: Ban ini paling cocok jika dipakai didepan dipasangkan dengan Sport XR dibelakang. Sport XT ini optimal untuk trek lintasan hujan. walaupun untuk ban hujan namun tidak akan kehilangan gripnya ketika lintasan mulai kering.
- Sport XR: Sama dengan Sport XT, hanya bedanya Sport XR dipasang dibelakang Sport XT. Untuk size 90/80-14 bisa dipakai depan dan belakang, sedangkan untuk sport bike roda depan pakai size 100/70-17 dan belakang 120/70-17. Pake ban ini ga perlu khawatir jika saat race tiba-tiba diguyur hujan.
- Sport MP 76: ban ini cocok untuk lintasan basah sehabis hujan sampai dengan lintasan kering namun dengan suhu dingin.
- Sport MP 57: ban yang kembangannya telah ditiru tetangga sebelah ini cocok untuk lintasan kering dengan range suhu dingin sampai dengan suhu panas.
- Sport MP 27: ban ini optimal pada lintasan kering dengan suhu panas.
- Sport FR 75 Slick Tire: sesuai dengan karakter ban botak (slick) ban ini jagonya di lintasan kering dengan suhu tinggi /panas, namun pada sirkuit permanen. Kenapa harus disirkuit permanen...karena di sirkuit permanen memiliki aspal yang mulus dan tidak berpasir, sehingga grip ban terhadap aspal akan semakin lengket.
0 komentar:
Posting Komentar