Tips

Tips
Tips & Trick

News

News
Artikel & News

Sport XR Evo

Sport XR Evo
Beat The Street

New Products

New Products
New Species

8 Tips Perawatan Ban Motor

Rabu, 28 Juli 2010

Ban merupakan salah satu faktor penting dalam keselamatan selama berkendara, untuk itu perlu pemeriksaan dan perawatan supaya ban tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

1. Periksa tekanan angin ban secara berkala, pemeriksaan tekanan angin biasanya banyak diabaikan oleh para bikers, biasanya selama belum kempes maka anginnya tidak diperiksa-periksa. pastikan ban dalam keadaan dingin ketika akan diperiksa. Untuk performa yang maksimal saat kondisi basah kurangi sekitar 10% dari kondisi normal. hal lain yang akan terjadi jika kekurangan atau kelebihan angin ialah ban anda habis secara tidak merata.

2. Jangan menunggu hingga ban rusak. Mengganti ban jangan menunggu hingga ban botak atau rusak, selain itu jangan menunggu sampai jarak / kilometer tertentu, karet pada ban ada umurnya biasanya zat-zat yang terkandung dalam karet ban akan berubah dalam jangka waktu tertentu, ganti ban setelah penggunaan 3 tahun (Pada pemakaian normal) walaupun kondisi kembangannya masih bagus.

3. Ganti ban setelah mencapai batas TWI. TWI(Tread Wear Indicator) adalah simbol untuk menunjukkan batas pemakaian ban tanda ini berupa
segitiga yang tertera di sisi ban dan tonjolan pada sela-sela pattern hal ini untuk menunjukkan batas keausan tread yang diijinkan oleh produsen untuk menjamin performa ban, jika keausan tread sudahmencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera diganti. (www.fdrtire.com)

4. Periksa kondisi fisik ban secara berkala. Bersihkan ban dari kerikil-kerikil tajam yang menempel disela-sela kembangan, Jika ada oli yang menempel segera cuci dengan air sabun.

5. Saat motor diparkir lama gunakan standard tengah supaya beban tidak bertumpu pada sisi kiri saja.

6. Jangan parkir di tempat yang ada ceceran oli atau cairan kimia lainnya. Karet dan zat kimia yang terkandung didalam ban akan bereaksi dengan oli atau cairan kimia lainnya sehingga ban akan rusak jadi hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak,oli, minyak dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.

7. Hindari kontak dengan sinar matahari langsung dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah, usahakan parkir ditempat teduh.

8. Ban luar diganti, ban dalam juga sebaiknya ikut diganti, beberapa pabrikan bahkan menganjurkan agar mengganti keduanya pada saat bersamaan.

Dihimpun dari berbagai sumber. Share on Facebook

2 komentar:

Om Rame mengatakan...

point-1. tentunya juga mempengaruhi terhadap faktor keseLamatan, karena dengan tekanan angin maksimaL pada saat kondisi basah akan mengurangi cengkraman ban terhadap aspaL (jaLan).

point-2 dan 3. secara teoritis berdasarkan pengaLaman, penggantian ban Luar hendaknya diLakukan saat ketebaLan kembang ban berada pada 2mm (minimaL).

point-8 sebagai tambahan, atau Lebih dari satu tambaLan.

terima kasih atas sharenya, bermanfaat bagi saya yang masih awam dibidangnya.

29 Juli 2010 pukul 00.03
ban roda dua mengatakan...

Thanx om...

29 Juli 2010 pukul 06.54

Posting Komentar

 

07 Jul 2010 ·banroda2 by vendesign